Jenis Jenis Mesin Bor Beserta Fungsinya Lengkap

Posted on

Mesin BorMesin bor duduk terbaik memiliki berbagai fungsi yang beragam. Seiring dengan hal tersebut, saat ini mesin bor memiliki berbagai jenis dan tipe sesuai dengan fungsi yang beragam. Jika pada zaman dahulu Anda hanya menjumpai mesin bor dengan tangan, saat ini Anda bisa menjumpai mesin bor duduk bahkan mesin bar coddles. Secara garis besar, mesin bor berfungsi untuk membuat lubang alur pengolahan serta perluasan secara akurat dan lebih presisi.

Seperti yang sudah diutarakan di atas, mesin bor memiliki berbagai jenis dan tipe untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam bidang usaha. Berikut daftarhargamesin.com berbagi beberapa jenis mesin bor yang biasa digunakan.

Jenis jenis Mesin Bor :

1. Bor Tangan.

Mesin bor jenis ini merupakan salah satu yang banyak kita jumpai dan dimiliki sebagian masyarakat. Bor tangan sendiri juga memiliki beberapa jenis ukuran mata bor mulai dari yang berukuran 6.5 mm, 13 mm, 10mm, hingga 32 mm. Ukuran itulah merupakan ukuran maksimal pada masing-masing jenis mesin.

Misalnya, jika bor yang digunakan adalah 10 mm, maka mata bor yang cocok untuk digunakan adalah mulai dari 0 – 10mm. dalam penggunaannya mesin bor ini bisa digunakan untuk melubangi kayu maupun besi sesuai dengan mata bor yang digunakan.

Selain bisa digunakan untuk berbagai fungsi, mesin bor juga memiliki berbagai mulai kecepatan putar dan reversible putar yang bisa digunakan dua arah. Biasanya masing-masing merek memiliki spesifikasi yang berbeda. Dengan begitu Anda bisa memilih spesifikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Bor Cordless.

Jenis bor ini sering kali disebut juga dengan istilah bor tanpa kabel karena menggunakan baterai untuk sumber tenaganya. Biasanya jenis bor ini digunakan untuk jenis pekerjaan yang ringan karena memiliki kekuatan putar atau torsi yang lemah. Dalam penggunaannya, bor ini bisa digunakan untuk mengebor gypsum, besi dan kayu.
Namun untuk melubangi besi, mata bor yang digunakan harus yang berukuran kecil. Yang Harus diperhatikan saat ingin menggunakan jenis bor ini adalah spesifikasi baterai pada Power haid tool. Selain itu, bor ini juga bisa dipasang sebagai obeng listrik hanya dengan memasang mata obeng. Setelah itu bor cordless sudah bisa digunakan untuk memasang sekrup dengan waktu yang lebih cepat.

3. Bor Core.

Bor core merupakan salah satu jenis bor yang jarang dijumpai dan digunakan oleh konsumen. Kebanyakan mesin ini digunakan untuk berbagai proyek dalam mengukur ketebalan jalan aspal. Namun meskipun begitu , fungsi utama dari mesin ini adalah untuk melubangi lantai.

Jenis bor ini menggunakan mata bor yang berbentuk seperti tabung sehingga lebih cocok untuk mengebor lantai, serta membuat jalur kabel dan pipa. Namun tidak jarang juga mesin ini berfungsi mengukur ketebalan aspal di jalan.

4. Bor Duduk.

Mesin Bor duduk terbaik menjadi salah satu jenis yang banyak digunakan karena penggunaannya yang sangat nyaman. Kebanyakan mesin bor ini digunakan untuk melubangi besi dengan jumlah yang cukup banyak. Hal itu dilatar belakangi karena memiliki desain yang nyaman sehingga pengguna tidak cepat merasa lelah.

Hanya dengan memutar kuas bor tersebut, secara otomatis kepala bor akan turun kemudian mengebor benda kerja. Perlu Anda ketahui, mesin ini dapat digunakan untuk mengebor dengan ketebalan sedemikian rupa hingga mencapai batas maksimalnya . batas maksimal tersebut sesuai dengan panjang mata bibir yang digunakan.

Secara prinsip dasar, mesin bor ini digunakan pada putaran lambat, namun ia memiliki pengaturan yang bisa sesuaikan untuk mengatur kecepatan dengan belting. Belting berada pada sambungan antar motor AC dan putaran kepalanya. Bor ini memiliki beberapa sub jenis yang disediakan sesuai dengan ukuran masing-masing. Untuk mesin ini memiliki berbagai jenis ukuran, mulai dari bentuk yang terkecil hingga ukuran yang paling besar. Ukuran paling kecil bor duduk berkisar antara 13 mm, 16 mm hingga ukuran 25 mm. untuk tersebut bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lihat juga: Harga Mesin Bor Tanah

Perbedaan Mesin Bor Duduk dan Mesin Bor Tangan :

Mesin bor adalah alat yang digunakan untuk membuat lubang, alur, pengolahan dan perluasan secara keakuratan dan presisi. Dari berbagai jenis mesin bor yang disampaikan di atas, jenis yang paling banyak digunakan adalah mesin bor tangan dan mesin bor duduk.

Mesin bor tangan adalah mesin bor yang cara pengoperasiannya dilakukan dengan menggunakan tangan. Jika dilihat secara fisik, mesin ini menyerupai dengan pistol. Biasanya mesin bor tangan digunakan untuk melubangi tembok, kayu, dan bisa juga untuk mengebor pelat logam. Namun khusus untuk mesin bor ini bisa digunakan untuk menciptakan lubang dan mengencangkan baut. Untuk mengencangkan atau melepas baut, mesin ini memiliki putaran yaitu putaran kanan dan kiri yang reversible.

Mesin bor tangan terbaik tersedia dalam berbagai ukuran, kapasitas, dan bentuk serta fungsinya masing-masing. Setiap tipe yang dikeluarkan memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing serta memiliki fungsi dan kegunaan tersendiri.

Jenis mesin bor kedua yang banyak digunakan adalah mesin bor duduk terbaik. Mesin bor ini biasa digunakan untuk membuat lubang benda dengan diameter yang cukup kecil. Prinsip kerja mesin ini adalah dengan adanya putaran motor listrik yang akan dilanjutkan ke poros mesin hingga poros tersebut berputar.

Setelah poros berputar, poros tersebut sekaligus bisa berfungsi sebagai pemegang mata bor duduk ini mampu digerakkan secara naik turun. Untuk melakukan tersebut dibantu dengan menggunakan roda gigi rack yang nantinya akan mengatur tekanan pemakanan ketika pengeboran.

Mesin bor duduk adalah salah satu alat penting yang berada dalam bidang perbengkelan untuk menciptakan sebuah lubang. Namun fungsi utama dari mesin ini adalah untuk menggenggam mata bor, dan mengikis dengan memutar hingga menghasilkan lubang. Mesin bor duduk dikerjakan dengan menggunakan daya motor listrik untuk selanjutnya ditransmisikan dengan menghubungkan puli dan sabuk. Setelah itu, daya tersebut kemudian akan diteruskan ke dalam mata mesin bor duduk tersebut.

Mesin bor duduk memiliki lima pengaturan kecepatan yang harus dilakukan dengan cara manual. Adapun cara tersebut dilakukan dengan cara memindahkan fan belt dari puli penggerak yang berada di bagian mesin atas. Selain itu, kecepatan mesin biasanya juga sesuai dengan tipe dan jenis serta merk masing-masing.

Dari berbagai jenis mesin bor yang kami cantumkan diatas, pastinya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh berbagai faktor, mulai dari tipe, merk, spesifikasi dan lain sebagainya. Pastikan Anda telah menggunakan alat mesin bor yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lihat Juga: Merk Bor Listrik Terbaik Saat ini

Mesin bor duduk terbaik bisa Anda gunakan jika Anda ingin menggunakan mesin bor dengan nyaman. Hal itu didasari karena penggunaan mesin ini bisa dilakukan dengan cara duduk sehingga pengguna tidak mudah lelah.