Mesin Las Listrik Terbaik 2019 Lengkap Dengan Penjelasannya

Posted on

Menggunakan mesin las terbaik dapat membuat pekerjaan Anda lebih mudah dan tertata. Mesin las merupakan salah satu alat yang sangat bermanfaat bagi kegiatan industri. Umumnya pengelasan dilakukan untuk membentuk logam menjadi suatu barang.

Tentu, karena logam lebih sulit untuk dibentuk maka dibutuhkan mesin yang canggih dan berkualitas yaitu mesin las. Selain alatnya yang canggih, penggunanya pun juga harus expert karena pengelasan merupakan kegiatan yang terbilang sulit dikerjakan oleh sebagian orang.

Berbicara tentang mesin las terbaik, hingga saat ini sudah ada banyak sekali produk yang diluncurkan oleh berbagai perusahaan terkenal ataupun start up. Nah, bagi seorang pembeli seperti Anda, memilih merk yang berkualitas merupakan suatu kewajiban. Namun, perlu Anda ketahui dalam memilih mesin ini, Anda perlu memperhatikan terlebih dahulu kebutuhan apa yang Anda perlukan dari menggunakan mesin ini.

Jika Anda hanya menggunakannya untuk pekerjaan yang tidak terlalu berat seperti pengelasan plat tipis, maka mesin las yang Anda butuhkan adalah mesin yang memiliki ampere rendah atau kecil. Namun, jika pengelasan yang Anda kerjakan terbilang sulit, Anda dapat memilih mesin dengan ampere besar untuk mempercepat pengelasan. Lalu, apa saja merk terbaik yang dapat Anda beli? Untuk mengetahuinya, simak jenis dan daftar merk mesin terbaik berikut sampai dengan akhir!

Macam Macam Mesin Las Listrik:

Mesin las dengan arus searah (DC)

Sesuai dengan namanya, mesin ini menggunakan arus yang searah yang bertujuan untuk menciptakan daya. Umumnya arus yang dimaksud berasal dari dinamo dari motor listrik yang searah. Sedangkan penggerak dinamo yang sering digunakan adalah motor diesel, motor bensin, motor listrik, dan masih banyak lagi. Sebenarnya, mesin ini membutuhkan perangkat yang akan digunakan untuk rectifier atau penyearah arus yang nantinya akan digunakan untuk mengubah arus AC atau arus bolak-balik menjadi arus DC atau searah.

Jika dilihat dari jenisnya, mesin las DC dibagi menjadi dua jenis yaitu mesin las stasioner dan mesin las portable. Apa perbedaan dari keduanya? Pertama, mesin stasioner digunakan untuk area atau bengkel yang memiliki aliran listrik permanen. Sedangkan pada mesin portable, ia dapat digunakan dimanapun walau tempat tersebut tidak memiliki jaringan listrik seperti tipe pertama. Jadi, penggunaan nya sangat fleksibel. Kedua, bentuk mesin portable lebih kecil dibandingkan dengan mesin stasioner.

Apa kelebihan dari mesin las DC? beberapa kelebihannya pertama, ia memiliki nyala busur listrik yang bagus dan stabil. Kedua, ia sangat mudah dipakai dimana pun dan kapan pun. Ketiga, ia menggunakan seluruh jenis dari elektrode yang ada. Selanjutnya, ia dapat gipakai untuk mengelas benda tipis maupun tebal. Terakhir, suara yang dihasilkan oleh mesin sangat ramah lingkungan atau tidak terlalu bising.

Baca Juga: Harga Mesin Las Listrik

Mesin Las AC (Arus Bolak-Balik)

Berbeda dengan mesin las DC, mesin ini memiliki nyala busur listrik yang bersumber dari transformator. Transformator inilah yang bertugas untuk mengubah arus listrik menjadi arus AC atau arus bolak-balik. Trafo yang dimaksud disebut dengan trafo step down yang memiliki kemampuan menurunkan tegangan listrik yang ada. Arus yang dihasilkan dari mesin ini dapat lebih tinggi dari kebutuhan umumnya.

Tentu, hal tersebut akan sangat menguntungkan Anda terutama jika Anda harus mengerjakan pengelasan ekstra untuk pesanan dalam jumlah yang banyak. Jadi, jika Anda kebetulan harus melakukan penjelasan logam atau elektrode dengan waktu yang singkat, Anda dapat menggunakan merek tersebut. Biasanya proses pengelasan akan memakan daya sebanyak 10 s/d 500 Ampere.

Nah, untuk Anda yang ingin menggunakan merk ini, Anda tidak perlu diragukan kualitasnya karena merek ini terbukti unggul. Kelebihan pertama dari merk ini adalah biaya perawatan tidak mahal. Kedua, kabel massa dan elektrode dapat ditukar tanpa mempengaruhi kinerja Anda dalam mengelas. Ketiga, nyala busur listrik pada mesin ini cukup kecil. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika bagian rigi las akan keropos karena nyala yang terlalu besar.

Mesin Las AC-DC (Las Ganda)

AC merupakan arus bolak-balik, sedangkan DC merupakan arus searah. Jadi, dapat disimpulkan bahwa mesin ini merupakan perpaduan antara dua arus atau dapat dikatakan sebagai mesin las ganda. Mesin ini umumnya memiliki trafo dengan satu fasa dan alat perata di dalamnya. Kedua pelengkap ini dapat membuat mesin las beroperasi pada dua sistem yang berbeda.

Mesin las ini juga dilengkapi dengan terminal lilitan sekunder pada trafo yang berfungsi menghasilkan arus bolak-balik. Trafo yang menghasilkan arus tersebut menggunakan regulator arus yang terdapat di dalamnya. Ada juga istilah alat perata arus yang mana berfungsi sebagai penghasil arus searah. Apakah besar arus dapat dikontrol? Dapat, Jika Anda ingin mengatur arus yang ada pada mesin ini, Anda hanya perlu mengoperasikan bagian ulir pengatur arus pada mesin las.

Ada beberapa kelebihan dari mesin ini yang dapat dijadikan alasan kuat untuk menggunakannya. Pertama, mudah digunakan untuk berbagai urusan pengelasan. Kedua, memiliki dua fungsi sekaligus yang dapat menjangkau kemampuan mesin AC dan DC. Ketiga, Anda dapat memakainya untuk pengelasan seperti stainless steel, plat tipis, dan aluminium. Selanjutnya, mesin ini mampu beradaptasi dengan segala medan baik medan tipis maupun tebal hingga yang memiliki tekstur paling keras.

Baca juga: Harga Las Argon

Merk Mesin Las Terbaik:

Mesin Las EG 120A-SC

Rekomendasi mesin las pertama yang dapat Anda coba adalah mesin las merk EG 120A-SC. Mesin ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki daya listrik yang relatif kecil karena ia memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar seperti mesin lainnya. Tentu, hal tersebut juga akan menghemat pengeluaran Anda, bukan?

Nah, selain daya yang dihasilkan kecil, mesin ini juga sangat ringan dibawa kemana-mana dan dapat digunakan kapan pun Anda membutuhkannya. Beruntungnya, mesin ini memiliki fitur IGBT yang dapat memungkinkan mesin ini bisa dioperasikan walaupun tidak ada listrik pada area tertentu. Jika Anda tertarik membelinya, Anda perlu menyiapkan bujet sekitar Rp 774.400,- saja.

Rhino MMA-120A

Jika Anda sedang mencari mesin las dengan harga yang lebih murah dari merk sebelumnya, Anda dapat memilih merk Inverter MMA-120A. Merk ini dibanderol dengan harga yang cukup murah yaitu sekitar Rp525.000,- saja. Cukup murah, bukan? Keunggulan dari mesin ini adalah ia memiliki daya sebesar 900 Watt.

Tentu, dengan daya sebesar itu, ia mampu mengatasi pekerjaan berat seperti pengelasan logam atau lainnya. Keunggulan lainnya ada pada desain nya yang sangat simple sehingga sangat mudah di-handle dan dibawa kemana-mana.

Lakoni Falcon 120e

Salah satu mesin las lakoni yang terbaik dan paling laku di pasaran adalah Lakoni Falcon 120e. Ia memiliki daya yang sama dengan merk Rhino yaitu 900 Watt. Mesin ini dilengkapi dengan genset sehingga Anda tidak perlu khawatir jika terjadi pemadaman listrik.

Selain itu, ukuran dari mesin ini relatif kecil sehingga sangat ringan untuk dibawa kemana-mana. Untuk harganya sendiri memang cukup mahal yaitu Rp995.000. Namun, berbicara mengenai kualitasnya, tidak perlu diragukan lagi.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai jenis mesin las beserta rekomendasi merk nya. Merk lain yang juga terkenal yaitu REDBO dan KRISBOW. Sebelum Anda membeli produk di pasaran, pastikan bahwa Anda memilih merk yang tepat yaitu memiliki kualitas dan spesifikasi yang bagus. Semoga informasi tentang mesin las terbaik dapat bermanfaat untuk Anda!